Cara Memasang Batu Andesit Pada Lantai – Batu andesit merupakan salah satu jenis batu alam yang berasal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Batu ini ditemukan dalam aliran lava yang naik ke permukaan bumi dan mengalami proses pendinginan atau pembekuan. Jenis batuan beku ini tersusun atas mineral yang halus, dan memiliki kandungan silica lebih tinggi dibandingkan batu basalt serta lebih rendah dari batuan rhylolite dan felsite.

Karakteristik Batu Andesit

Saat ini, batu andesit adalah salah satu jenis batu alam yang paling populer. Hal ini tentunya memiliki alasan khusus, yaitu karakteristik yang dimilikinya. Batu andesit berkarakteristik keras, padat, tahan gores, dan tahan terhadap perubahan cuaca.

Hal menarik lainnya dari batu ini adalah warnanya. Batu andesit memiliki warna dasar abu-abu, baik abu-abu kehitaman, abu-abu kemerahan, abu-abu kehijauan, dan lainnya sebagainya tergantung dari daerah mana batu andesit tersebut berasal.

Sifat-sifat tersebut lah yang membuatnya banyak disukai masyarakat, karena akan cocok diaplikasikan pada bagian bangunan manapun baik interior maupun eksterior. Khusus untuk eksterior rumah, batu andesit tidak memerlukan perlakuan khusus sepertu coating, karena batu ini tidak akan mudah rusak ataupun berlumut meskipun sering terpapar cuaca yang silih berganti.

Penggunaan Batu Andesit Sebagai Bahan Bangunan

Pada jaman dahulu, batu andesit telah seringkali digunakan sebagai bahan pembuatan bangunan, seperti candi, piramida, dan bangunan-bangunan megalitik. Seiring dengan berkembangkan teknologi arsitektur, kini batu andesit semakin banyak digunakan untuk menghiasi bangunan-bangunan besar ataupun rumah-rumah biasa.

Penggunaan batu alam pada bangunan menjadi hal yang sangat mudah ditemukan saat ini. Bahkan meskipun bukan menggunakan batu andesit, jenis batu alam lainnya pun menjadi pilihan yang tidak kalah menarik di mata masyarakat.

Biasanya, batu andesit digunakan untuk melapisi dinding dan lantai bangunan. Untuk dinding, penerapan batu andesit dapat dilakukan pada teras, pagar, maupun dalam rumah. Sedangkan untuk lantai dapat diterapkan dimanapun, bahkan pada jalanan umum sekalipun.

Kelebihan Batu Andesit Untuk Lantai

Berkat karakteristiknya yang baik, batu andesit memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis batu alam lainnya jika hendak diaplikasikan untuk lantai, di antaranya :

  • Kuat dan tahan lama

Karakteristik batu alam yang keras membuatnya lebih kuat dan tahan lama dibandingkan batu alam lainnya, karena tidak semua jenis batu alam memiliki karakteristik demikian. Kekuatan batu andesit juga akan semakin bertambah apabila dipasang dengan rapat dan erat, sehingga kemungkinan batu untuk rusak ataupun rusak akan semakin kecil.

  • Tidak mudah kotor

Karena memiliki karakteristik yang padat dan berporositas rendah, debu-debu ataupun kotoran halus tidak akan mudah masuk ke dalam pori-pori batu. Hal ini membuat jenis batu ini tidak akan mudah kotor.

  • Tidak licin

Masih terkait dengan karakteristiknya yang padat dan berporositas rendah, batu andesit bertekstur halus namun tidak licin, sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan pada lantai karena tidak akan membuat orang yang menginjaknya mudah terpeleset.

  • Mudah dirawat dan dibersihkan

Apabila suatu saat lantai batu andesit terkena kotoran ataupun berlumut, akan mudah untuk membersihkannya. Jika kotoran tersebut kering, cukup membersihkannya dengan sapu atau sikat. Namun jika kotoran terlanjur menempel, siramlah dengan air sabun lalu dilanjutkan dengan menyemprotnya dengan air biasa. Setelah itu kotoran akan hilang.

Cara Memasang Batu Andesit Pada Lantai

Setelah mengetahui karakteristik dan kelebihan batu andesit untuk lantai, lalu bagaimana cara memasang batu andesit pada lantai dengan benar? Sebenarnya pemasangan batu andesit pada lantai bukanlah hal yang sulit, hanya saja harus mengetahui langkah-langkahnya dengan tepat agar hasilnya lebih maksimal.

Terdapat 2 metode pemasangan batu andesit untuk lantai, yaitu metode pemasangan keramik dan metode pemasangan paving block. Keduanya tentunya akan menghasilkan tampilan lantai yang berbeda. Namun, tentunya cara pemasangannya hampir sama. Berikut akan kami paparkan cara memasang batu andesit pada lantai dengan 2 metode tersebut, silahkan simak di bawah ini.

  • Cara Memasang Batu Andesit dengan Metode Pemasangan Keramik

cara memasang batu andesit
Metode Pemasangan Keramik

Metode pemasangan batu andesit yang pertama ini cocok diaplikasikan pada lantai manapun baik interior maupun eksterior rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga, teras rumah, carport dan lain-lain. Cara memasang batu andesit dengan metode ini sama seperti pemasangan keramik lantai pada umumnya. Berikut langkah-langkah mudahnya :

1. Sebelum memulai pemasangan batu andesit pada lantai, pastikanlah bahwa pekerjaan atau pembangunan bagian rumah lainnya telah selesai dilakukan, karena pemasangan ini harus dilakukan pada tahap akhir pembangunan. Hal ini dikarenakan nantinya keramik butuh beberapa waktu untuk kering, sehingga tidak boleh terlalu sering dipijak.

2. Sebagai permulaan, bersihkan dan keringkan lantai yang akan dipasangi batu andesit. selain itu, jangan lupa untuk membuat permukaan lantai rata air agar nantinya pemasangan batu andesit lebih rapi dan tidak bergelombang.

3. Pasang benang lurus secara melintang pada area yang akan diaplikasikan batu andesit. tinggi dari benang yang dipasang harus disesuaikan dengan tinggi batu andesit keramik, dan berikan sedikit jarak untuk celah adukan semen yang berfungsi untuk merekatkan batu satu sama lain.

4. Basahi atau rendam batu andesit keramik yang akan digunakan agar dapat merekat dengan lebih kuat pada lantai saat proses pemasangan pada lantai.

 

5. Aplikasikan adonan semen dengan penuh pada lantai yang akan dipasangi batu andesit. Kemudian tempelkan batu andesit dan ketuk pelan menggunakan palu agar lebih menempel sempurna.

cara memasang batu andesit

6. Lanjutkan proses pemasangan dengan menempelkan batu andesit satu persatu hingga selesai. Usahakan mulai proses pemasangan dari bagian depan.

7. Tunggu sekitar 2-3 hari hingga adonan semen mengering sempurna dan jangan menginjak lantai batu andesit agar tidak bergeser.

  • Cara Memasang Batu Andesit dengan Metode Pemasangan Paving Block

cara memasang batu andesit
Metode Pemasangan Paving Block

Apabila metode pemasangan batu andesit pada lantai yang pertam tadi cocok diaplikasikan pada interior dan eksterior rumah, maka metode pemasangan paving block ini lebih cocok diaplikasikan pada bagian eksterior rumah saja seperti carport ataupun taman. Berikut cara memasang batu andesit pada lantai dengan metode paving block :

1. Sebelum memulai proses pemasangan, pastikan bahwa struktur tanah atau bidang yang di paving dalam kondisi yang benar-benar padat. Jika belum benar-benar padat, maka padatkan terlebih dahulu dengan mesin roller (wales) atau stamper kuda. Hal ini sangat penting dilakukan agar area tersebut nantinya tidak amblas.

2. Sesuaikan material pendukung landasan area paving dengan spesifikasi beban yang akan melewatinya. Biasanya material yang digunakan berupa limestone, base course, macadam, sirdam, dan lainnya.

3. Jika sudah benar-benar padat, pastikan pula bahwa area tersebut rata. Seperti halnya pada metode pemasangan keramik, bidang yang akan dipasangi batu andesit memang harus rata agar hasil lantai lebih rapi dan tidak bergelombang ketika dipijak.

4. Pasang kanstin beton sebagai pengunci agar paving block tidak bergeser.

5. Taburkan abu batu dengan mengikuti kemiringan yang telah ditentukan sebelumnya, lalu ratakan dengan jidat kayu.

cara memasang batu andesit

6. Mulailah melakukan pemasangan batu andesit paving block dari arah belakang hingga ke depan. Pekerja yang memasang paving sebaiknya berada di bagian atas paving yang telah terpasang sebelumnya.

7. Pada bagian tepi-tepi area atau sudut yang belum terpasang paving block, manfaatkanlah potongan-potongan batu andesit yang sebelumnya sudah dipotong menggunakan paving block cutter.

8. Jika semua bagian area telah dipasangi batu andesit paving block, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengisi celah antar paving block menggunakan abu batu.

9. Padatkan paving block yang telah terpasang pada lantai menggunakan baby roller atau stamper kodok sekitar 1 sampai 2 kali putaran. Hal ini bertujuan agar paving block saling mengunci satu sama lainnya.

10. Setelah selesai, bersihkan area yang selesai dipasangi batu andesit paving block dari sisa-sisa abu bata.

Demikianlah 2 metode atau cara memasang batu andesit pada lantai yang benar, mudah, dan cepat. Semoga bermanfaat! 😉

===============================================================================

Artikel Terkait :

Contoh Pengaplikasian Batu Andesit Pada Lantai & Dinding Rumah

Harga Batu Andesit Terlengkap 2019

Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Inilah 10 Langkah Jitu nya !!!

10 Pola Pemasangan Batu Alam Pada Dinding, Trend Baru 2019

Inilah Kelebihan & Kekurangan Batu Alam Untuk Rumah

===============================================================================

PABRIK BATU ALAM CV. SINERGI STONE

  • Pengrajin Dan Distributor Batu Alam Cirebon
  • Telp/WA : 0812-229-509-65 (simpati) & 0877-4445-4456 (XL)
  • Email : sinergistone65@gmail.com

jual batu alam

2 Metode / Cara Memasang Batu Andesit Pada Lantai Dengan Benar

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *